Konferensi Regional Akuntansi IV

Petunjuk Pembuatan Poster

KONFERENSI REGIONAL AKUNTANSI IV SURABAYA

PANDUAN PEMBUATAN POSTER PAPER

1. Kandungan Poster

Tidak seperti bentuk tulisan lainnya, yang terkandung dalam poster hanya langsung pokok permasalahanya karena audiens hanya mempunyai beberapa waktu untuk dapat belajar/memahami isi dari poster yang disajikan. Untuk mendapatkan perhatian mereka, pembuat poster menyajikan informasi yang paling penting dari hasil kerja. Memutuskan apa yang harus disajikan adalah elemen kunci dalam keberhasilan poster Anda.

2. Perhatian Umum Tentang konten

Memotong dan menyisipkan sebuah dasar penelitian atau kertas informatif ke poster akan memberikan terlalu banyak informasi dan akan membingungkan pembaca poster. Untuk mendapatkan dan menjaga perhatian pembaca poster, pertimbangkan informasi apa yang diringkas dan yang terpenting untuk diketahui pembaca. Lalu, pikirkan gambaran yang bisa dilakukan melalui visual gambar atau teks. Biasanya, semakin sedikit teks, semakin menarik suatu poster.

3. Tulisan

Karena poster memadatkan banyak informasi, bagian yang sulit adalah menentukan informasi yang relevan yang digunakan untuk presentasi. Jika Anda menggambarkan banyak informasi, beberapa pembaca akan membaca poster Anda sepenuhnya. Jika Anda menggambarkan terlalu sedikit informasi, pembaca mungkin tidak menyadari bahwa mereka kehilangan informasi penting. Salah satu kesalahan paling umum dalam mengembangkan sebuah poster adalah terlalu mengandalkan teks dan mencoba untuk memasukkan terlalu banyak penjelasan tekstual.

Karena pembaca dapat menerima informasi visual yang jauh lebih cepat daripada mereka membaca teks, gunakan grafis sebisa mungkin di dalam poster. Namun, ketika Anda dapat

menyederhanakan dengan sedemikian ringkas menggunakan grafis, tambahkan sebagian teks sebagai gantinya. Jangan mencoba untuk memberikan penjelasan paling lengkap dari ide-ide yang kompleks di poster, tetapi gunakan teks untuk menyampaikan poin-poin penting dan sediakan ”handout” tambahan (jika memang diperlukan).

4. Instruksi Untuk Penyiapan Poster

  1. Media poster adalah kertas manila, dengan dimensi maksimal ukuran (PxL) 90cm x 70cm. Posisi poster vertical. Warna kertas manila diserahkan pada penyaji poster untuk memilih. Namun pilihan warna tersebut tolong dipastikan tidak menyulitkan audiens dalam membaca poster Anda.
  2. Tulisan di poster dapat dibaca oleh pembaca dari jarak 2 meter.
  3. Semua text dalam poster ditulis dengan font character Arial. Jumlah text antara 300 sd. 800 kata. Judul poster, nama penulis dan alamat penulis dibuat dengan ukuran 40 pt dan text lainnya dibuat dengan ukuran 16 s.d 18 pt.
  4. Tidak ada template khusus untuk menyiapkan poster Anda. Namun, kami mengharapkan Anda memiliki bagian poster yang menjelaskan “pendahuluan, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan”. Keywords dan references dapat ditambahkan juga dalam poster. Gambar berwarna juga dapat digunakan. Tolong jangan tampilkan abstrak paper Anda pada poster.
  5. Pemilik poster akan membawa poster mereka sudah dalam kondisi tercetak dan siap dipasang/ditempatkan. Panitia KRA IV tidak menyediakan layanan untuk mencetak/menyiapkan poster peserta KRA IV.
  6. Poster akan ditempatkan di papan yang telah diberi nomor oleh Panitia KRA IV Surabaya.
  7. Staff Panitia KRA IV Surabaya akan membantu pemilik poster dalam menempatkan poster tersebut (poster akan dipasang dengan menggunakan push pin/selotip).
  8. Pemilik poster diharuskan untuk hadir pada waktu dan tanggal yang telah ditentukan oleh Panitia KRA IV Surabaya, dan memberikan informasi tentang studi mereka (jadwal presentasi poster menyusul). Penyaji poster yang tidak hadir dan menyajikan poster mereka pada tanggal dan waktu yang ditentukan, dianggap tidak menghadiri KRA IV Surabaya dan paper dianggap ditarik dari proceeding KRA IV Surabaya.
  9. Pemilik poster sendiri yang akan mencopot poster yang terpasang setelah waktu presentasi yang telah diberikan habis/selesai. Poster yang tidak dicopot oleh pemilik poster akan dianggap sebagai poster yang sudah tidak dipakai dan akan dicopot oleh panita KRA IV Surabaya.

Perhatian:

KRA IV Surabaya akan memilih satu best poster presentation dari seluruh presentasi poster. Kriteria penilaian didasarkan atas isi materi dari studi Anda dan sejauh mana Anda mengikuti Panduan Penyiapan Poster KRA IV Surabaya ini.

Untuk mendapatkan ide-ide bagaimana menyiapkan dan menyajikan poster paper yang efektif dan menarik, silahkan kunjungi link website di daftar Referensi berikut.

Referensi:

 

Attachments

Notes

  • Deadline Konfirmasi Peserta Lolos

    10 April 2017

  • Pelaksanaan KRA IV

    20-21 April 2017